Show Mobile Navigation

,

Pengertian dan Contoh Penggunaan Present Perfect Continuous Tense

Khairuddin Zaha2 - Saturday, May 10, 2014
Perhatikan contoh kalimat Present Perfect Continuous berikut:
I have been waiting here for two hours
She has been living in Batu Gajah for over ten years

Bagaimana membentuk kalimat Present Perfect Continuous?
Coba perhatikan contoh kalimat di atas.
Ya… Present Perfect Continuous dibentuk menggunakan have/has + been + verb ing

The students have been reading in the library for a half an hour
Ali has been working as a teacher since three months ago

Kapan Present Perfect Continuous digunakan?
Present Perfect Continuous digunakan untuk

Ø  Menyatakan kegiatan atau peristiwa yang terjadi di waktu lampau dan sampai sekarang masih terjadi

I’ve been watching TV since this morning
Saya nonton TV sejak pagi
Kalimat ini mempunyai artiSaya mulai dari tadi pagi nonton TV’.
Ketika saya mengatakan kalimat ini saya masih nonton TV yang saya mulai dari tadi pagi.

I’ve been learning English for three years
Saya sudah belajar bahasa Inggris selama 3 tahun
Tiga tahun yang lalu saya sudah belajar bahasa Inggris dan sampai sekarangpun saya masih belajar.

Ø  Menyatakan sebagai akibat dari situasi sekarang

I’m hot because I’ve been running
Saya panas karena saya habis berlari
Saya berlari tadi akibatnya saya sekarang panas

I haven’t got any money now because I’ve been shopping
Saya sudah tidak punya uang lagi karena saya habis belanja

Dalam hal ini kita bisa mengartikanhabis
Habis belanja
Habis berlari
Habis bermain dll

My father is very tired because he has been walking home
Ayah saya lelah karena habis berjalan ke rumah

Catatan

v  Kadangkadang ada sedikit perbedaan bahkan tidak ada sama sekali antara Present Prefect dan Present Perfect Continuous

How long have you work here?
How long have you been working here?
Sudah berapa lama kerja di sini?

v Kata kerja yang biasanya berlangsung lama seperti; wait, work, live dan play biasanya menggunakan Present Perfect Continuous ini.

menunggu kan biasanya lama, bekerja juga lama, begitu juga dengan tinggal dan bermain

She has been waiting for me since five o’clock
Dia sudah menunggu saya sejak jam 5
My mother has been working in Probolinggo for seven years
Ibu sudah bekerja di Probolinggo selama 7 tahun
We’ve been living in Australia for over twelve years
Kami sudah tinggal di Australia selama 12 tahun
He has been playing football since he was ten
Dia sudah bermain sepak bola sejak dia berumur 10 tahun

v Kata kerja yang mengungkapkan perasaan seperti; like,love, know, have (mempunyai) tidak digunakan pada Present Prefect Continuous

We’ve known each other for years
Kami sudah saling kenal sejak lama
We’ve been knowing each other for years

I’ve had this car for a year
Saya sudah punya mobil ini selama 1 tahun
I’ve been having this car for a year

Untuk Penjelasan tentang Present Perfect Tense klik di sini
Kalau Anda kurang paham silahkan tulis di  kolom komentar di bawah ini

5 komentar:

  1. Mantap Banget Mas Informasinya,ijin bookmark ya..

    SALAM
    www.zulthink.net || Tips Google Adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Mas.. Terima Kasih Atas kunjungannya

      Delete
    2. benar-benar mantap, saya bis belajar bahasa inggris di sini, siapa tahu nanti saya akan membuat blog berbahasa inggris

      Delete
  2. Materinya manteppp.... Very good. www.kursusmudahbahasainggris.com

    ReplyDelete