Show Mobile Navigation

, , ,

Pengertian dan Penggunaan Present Perfect Tense

Khairuddin Zaha2 - Wednesday, May 07, 2014
Perhatikan kalimat berikut ini:

I have done my home work
Saya sudah mengerjakan PR
My mother has cooked us dinner
Ibu sudah memasak makan malam buat kami

Ya.. Kalimat tersebut merupakan contoh dari Present Perfect Tense.
Kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia Present Perfect Tense itu artinya "sudah".

Misalnya, sudah makan, sudah membaca koran, sudah menulis buku dll.

Pokonya kalau ada kata-kata sudah kita menggunakan Present Perfect Tense.

Present Perfect Tense menggunakan have/has kemudian past participle atau kata kerja ketiga (verb3)

Contoh:
She has watched the film.
Dia sudah nonton film itu
We have had our dinner
Kami sudah makan malam

Kapan Perfect Tense digunakan?

1. Untuk menyatakan kegiatan atau peristiwa yang terjadi di waktu lampau tapi kita tidak tahu kapan persisnya terjadi atau waktunya tidak terlalu penting untuk disebutkan.

Contoh:
I've done my homework
Saya sudah mengerjakan PR
PRnya sudah saya kejakan tapi persisnya kapan tidak tahu atau tidak penting untuk disebutkan, yang penting saya sudah mengerjakan PR.

She has written six books
Dia sudah menulis 6 buku

Kita tidak bisa mengatakan
I've done my homework last week
She has written six books a month ago

Karena kalau waktunya disebutkan kapan kita mengerjakan kegiatan itu maka kita harus menggunakan Simple Past Tense.

2. Untuk menyatakan kegiatan atau peristiwa yang terjadi di waktu lampau tapi masih berlanjut sampai sekarang

Contoh:
We have lived here for two years
Kami sudah tinggal di sini selamat 2 tahun
Kami tinggal di sini sudah dari dulu namun sampai sekarang kami masih tinggal di sini.
The students have learnt English for ten years
Para murid itu sudah belajar bahasa Inggris selama 10 tahun
Mereka sudah belajar bahasa Inggris sejak 10 tahun yang lalu. Dan sekarang mereka masih belajar bahasa Inggris.
Since dan for sering digunakan dalam penggunaan ini
Since a year ago
For two weeks

3. Untuk menyatakan pengalaman hidup seseorang

Contoh:
I've travelled a lot in Europe
Saya sudah sering bepergian ke Eropa

Dalam hal ini kita menggunakan ever dan never..
I've never flown in a plane
Saya belum pernah naik pesawat
You have ever crashed in a car
Kamu pernah jatuh dari mobil

Bagaimana dengan kalimat negatif?
Untuk kalimat negatif kita letakkan not setelah have/has. Kalimat negatif selau diartikan dengan 'belum'.

Contoh:
I haven't had breakfast.
Saya belum sarapan
My teacher hasn't given back my workbook
Guru saya belum mengembalikan buku latihan saya

Kalimat tanya?
Tinggal letakkan have/has di depan kalimat

Contoh:
Have you done your homework?
Sudah mengerjakan PR?
How long have you lived here?
Sudah berapa lama tinggal di sini?

Sudah cukup jelas penjelasan saya? Coba baca sekali lagi. Kalau belum juga paham silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Saya akan mencoba membantu.

5 komentar:

  1. Sangat bermanfaat nih mas informasinya,kebetulan kemampuan bahasa inggris saya masih minim.
    ceritannya berkunjung sambil belajar nih.hehee
    makasih yah mas..

    ReplyDelete
  2. Apa bedanya I have visited Bali dan I visited Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya adalah
      I have visited itu Artinya saya sdh ke bali gak tahu kapan.. Pokoknya sdh ke bali... Waktunya tdk penting.. I visited Bali saya ke bali... Bisa dilanjutkan dengan Last month.. Atau Last year.. Kalau i have visited bali tdk bisa Last month atau last year..

      Delete