Show Mobile Navigation

,

Rumus, Pengertian dan Contoh Penggunaan Past Continuous Tense

Khairuddin Zaha2 - Sunday, May 18, 2014
Past Continuous Tense digunakan untuk
& Menyatakan kegiatan yang sedang terjadi di waktu tertentu di waktu lampau

Contoh
She was taking a nap at 2 o’clock yesterday
Dia sedang tidur siang jam 2 kemarin
(Kalimat ini hanya dibatasi pada waktu jam 2 bukan pada jam-jam yang lain di waktu kemarin.  Artinya ketika jam 2 dia sedang tidur)

I was studying at school from 7 to 12 yesterday
Saya sedang belajar di sekolah dari jam 7 sampai jam 12 kemarin
(Artinya saya sedang belajar jam 7 sampai jam 12 kemarin. Hanya kemarin saja bukan kegiatan sehari-hari)

Bandingkan dengan kalimat ini
I study at school from 7 to 12
Saya belajar di sekolah dari jam 7 sampai jam 12
(Ini menunjukkan kegiatan sehari-hari. Tidak ada waktu tertentu yang disebutkan dalam kalimat ini jadi menggunakan Simple Present Tense)

& Past Continuous Tense digunakan bersamaan dengan Past Simple. Artinya digunakan untuk menyatakan 2 kejadian yang terjadi di waktu lampau. Kejadian yang lebih dulu terjadi itulah yang menggunakan Past Continuous Tense

Contoh
When I was studying my friend called me
Ketika saya sedang belajar teman saya menelepon
(Dalam contoh kalimat ini ada dua kejadian yaitu belajar dan menelepon.Yang mana yang lebih dulu? Belajar apa menelpon? Ya…. Belajar lebih dulu terjadi sebelum ada telepon)

They were having dinner when I came home
Mereka sedang makan malam ketika saya pulang
(Ada dua kejadian atau peristiwa dalam kalimat ini yaitu makan malam dan pulang. Makan lebih dulu terjadi dari pada datang. Jadi makan malam menggunakan Past Continuous Tense)

Tapi kalau dua kejadian tersebut terjadi pada waktu bersamaan maka dua-duanya harus menggunakan Past Continuous Tense dan kata penghubungnya boleh menggunakan while atau when

Contoh

I was cleaning the house while my wife was cooking and the children were studying
Saya sedang membersihkan rumah sedangkan istri saya memasak dan anak-anak belajar
(Kalimat mempunyai tiga kejadian yaitu membersihkan rumah, memasak dan belajar dan tiga-tiga terjadi pada waktu yang bersamaan di waktu lampau. Jadi tiga-tiganya mengunakan Past Continuous Tense).

She was working in a restaurant when I was living in Probolinggo
Dia sedang bekerja di restoran ketika saya sedang tinggal di Probolinggo

Bagaimana membentuk kalimat Past Continuous Tense?
Past Continuous Tense dibentuk menggunakan verb+ing dan menggunakan to was dan were
She was watching TV
We were working at 5 pm yesterday

Untuk kalimat negative kita letakkan not setelah to be was atau were
I wasn’t eating dinner
You weren’t having a shower

Sedangkan untuk membuat kalimat tanya kita letakkan to be was dan were di depan kalimat
Were you cooking yesterday at 6 in the morning?
What was your mother doing?


Bagaimana? Sudah mengerti tentang Past Continuous Tense? Atau ada penjelasan saya yang belum paham? Silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Insya Allah saya akan membantu Anda.

0 komentar:

Post a Comment