Show Mobile Navigation

,

Perbedaan Present Simple dan Present Continuous

Khairuddin Zaha2 - Tuesday, April 29, 2014
Present Simple dan Present Continuous mempunyai penggunaan yang berbeda. Namun banyak yang masih bingung kapan menggunakannya. Berikut saya coba jelaskan perbedaan antara Present Simple dan Present Continuous.

Present Simple
Digunakan untuk menyatakan kegiatan yang terjadi berulang-ulang atau kegiatan yang sering dilakukan setiap hari atau bisa dibilang kegiatan rutin.
Misalnya, pergi ke sekolah, pergi ke kantor, makan siang, nonton TV, bangun pagi, mandi dan lain-lain. Kegiatan tersebut kan merupakan kegiatan rutin kita, kegiatan sehari-hari  jadi kita menggunakan Present Simple.

I have breakfast everyday
My father works in a hospital
She studies before going to bed

Keterangan waktu yang biasa mengikuti Present Simple adalah
usually, always, sometimes, everyday, seldom,
Tapi tidak semua kalimat Simple Present diikuti oleh kata keterangan di atas. Ada juga yang tidak menggunakan kata keterangan tapi kita sudah tahu kalau itu kegiatan sehari-hari.
Misalnya
Saya belajar sebelum tidur
I watch TV before going to bed
Kalimat ini tidak menggunakan kata keterangan tapi kita tahu kalau saya biasanya nonton TV sebelum tidur

Present Continuous

Digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sedang terjadi sekarang atau saat ini.

Misalnya, sedang belajar, sedang nonton TV, sedang bermain komputer dll
Ketika kita mengatakan
“ Saya sedang belajar “
saat itu kita sedang belajar, sedang membaca buku pelajaran. Beda dengan kalimat
“ Saya belajar setiap hari “. Ketika kita mengatakan ini kita tidak sedang belajar. Kita hanya mengatakan bahwa kita belajar setiap hari.

Contoh
I am having breakfast now
( Saya sedang sarapan sekarang )
My father is working at the moment
( Ayah saya sedang bekerja sekarang )
She is studying now
( Dia sedang belajar sekarang )
Ketika kita mengatakan “ I am having breakfast now “ saat itu kita sedang makan, sedang menikmati hidangan sarapan pagi.

Bagaimana? Sudah cukup jelas tentang perbedaan antara Present Simple dan Present Continuous? Kalau Anda agak sedikit kurang mengerti atau tidak mengerti sama sekali atau penjelasan saya membingungkan silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Saya akan mencoba membantu Anda.
Penjelasan tentang Present Simple klik di sini atau di sini
Penjelasan tentang Present Continuous klik di sini

Untuk mengecek pemahaman Anda silahkan lengkapi kalimat berikut ini dengan kata yang dikurung menggunakan Present Simple atau Present Continuous.
I’m a journalist. I (1) ……… ( write) for Jawa Post. I usually (2)………… ( work ) in the city, but today I (3)……… ( work ) at home because I am ill. At the moment I (4)……. ( sit ) in my bedroom and (5)………( write ) an article on my laptop. I (6)……… ( not work ) at home very often.
Apabila Anda ingin mengetes pemahaman Anda silahkan isi pada kolom komen di bawah ini. Apabila Anda hanya sekedar baca tidak apa-apa Anda boleh no comment

2 komentar: