Show Mobile Navigation

Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Khairuddin Zaha2 - Wednesday, June 12, 2013
Setelah sebelumnya kita belajar tentang tip sebelum belajar bahasa Inggris, sekarang kita akan belajar tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris.

1. Listening
Berusahalah untuk sesering mungkin  mendengarkan percakapan bahasa Inggris.
Baik itu melalui film (tapi kayaknya film terlalu sulit) atau audio.
Sekarang di internet sudah banyak sekali web-web yang menyediakan audio yang bisa di download dengan mudah diantaranya British Council.

Bayi yang lahir di Surabaya  dia akan berbicara Jawa dengan logat Surabaya. Bayi yang lahir di Solo dia akan berbicara Jawa dengan logat Solo juga.
Begitu juga dengan kita. Siapa yang sering kita dengarkan, maka kita akan meniru bagaimana ia bebicara.
Usahakan mendengarkan pembicara Inggris asli.

2. Speaking
Inilah tujuan utama kita belajar suatu bahasa.
Buat apa kita belajar bahasa kalau tidak bisa mempraktikkannya dalam percakapan? Lebih baik kita terus belajar saja..He he he...!!!
Usahakan sesering mungkin Anda bebicara bahasa Inggris. Entah itu dengan teman, guru atau siapa saja bahkan kalau bisa kita berbicara sendiri. Saya melakukannya dan hasilnya SANGAT AMPUH. Contoh saya mau mandi. Saya berbiacara begini " I'm going to take a bath now because I'm going to school. Oh...Where's my towel? There it is. I'll take it now. I'm in the bathroom now. I'll take off my t-shirt...etc.
Begitulah cara saya mempraktikannya. Sampai sekarangpun saya masih melakukan itu. Saya tidak peduli orang bilang apa. Yang penting saya bisa bahasa Inggris. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mempraktikkan bahasa Inggris. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk praktek bahasa Inggris. Bisa juga dengan membuat klub conversation.

3. Reading
Reading memang kelihatan membosankan. Tapi ada cara yang paling jitu untuk mengatasinya yaitu bacalah bacaan sesuai dengan hobi Anda. Kalau Anda suka sepakbola bacalah buku atau koran atau bahkan di internet tentang bola. Siapkan kamus untuk mencari kata-kata yang tidak Anda kenal. Tulislah kata-kata baru itu dalam buku kecil kemudian cobalah membuat kalimat sendiri pada buku lain.Tentunya menggunakan kata-kata baru yang Anda tulis tadi. Kemudian pada lain kesempatan baca lagi contoh kalimat (bukan kosa kata) yang Anda buat. Inilah salah satu cara untuk menghafalkan kosa kata. Jadi Anda tidak usah menghfal kata-kata baru. Cukup dengan membaca contoh kalimatnya saja.

Kalau bisa tempellah contoh kalimat itu di dinding kamar Anda, supaya Anda ingat terus. Anggaplah itu foto kekasih Anda. Atau istri Anda..!!! Atau orang yang paling Anda cintai...Swit....swit....!!!

4. Writing
Saya dulu membuat semacam diary. Saya menulis semua apa yang saya lakukan dari  bangun tidur sampai tidur lagi. Anda juga bisa melakukannya. Tulislah sesuka hati Anda. Tentang perasaan Anda. Semuanya...Tuangkan...!!!

Bagaimana kalau saya berbicara bahasa Inggris Grammar saya salah?
Bagaimana kalau saya menulis susunan katanya berantakan?
Kawan....!!!Jangan terpaku pada Grammar atau Tata Bahasa. Lupakan Grammar. Atau baca puisi berikut
"Oh Grammar......
Karenamu aku tidak belajar
Karenamu aku terdampar
Karenamu aku terlempar
Karenamu aku mau bubar

Oh Grammar......
Lebih baik kau keluar
Biar aku tetap belajar
Sampai datang fajar"

He  he he....Maaf kalau puisinya berantakan. Itu semua gara-gara Grammar. Jadi mulai sekarang jangan pikirkan Grammar. Lupakan dia walau berat. Kita bisa hidup tanpa dia.

"Lho terus buat apa masnya membuat pelajaran tentang Grammar di blog ini?"
Saudaraku...(Tadi kawan sekarang saudaraku).. Iya Anda adalah kawan bagi saya sekaligus saudara.
Gini....Bahasa itu alat komunikasi. Artinya kalau pesan kita sudah tersampaikan itulah yang dinamakan komunikasi. Jadi Anda tidak perlu berbicara sesuai tata bahasa.Yang penting kita sama-sama mengerti CUKUP. Cuma alangkah lebih baiknya kita bebicara dengan tata bahasa yang baik. Tapi kalau belum bisa ya gpp....Sesuaikan dengan kemampuan kita. Banyak lo saya menjumpai orang yang pintar Grammar tapi ketika berbicara Grammarnya tidak ada...Ditinggal di rumahnya mungkin. Kesimpulannya adalah:
1. Belajar
2. Praktekkan
3. Lupakan Grammar
4. Jangan takut membuat kesalahan
5. Jangan malu
6. Ayo kita pasti bisa

Sekian sedikit tip dari saya. Semoga bermanfaat.

1 komentar: